KUMPULAN REFERENSI SKRIPSI DARI BERBAGAI JURUSAN,
DAN SEMUA TENTANG SKRIPSI ADA DI SINI

PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA (011)


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian

Saat ini zaman mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Kemajuan demi kemajuan telah dialami oleh manusia. Dan kemajuan-kemajuan baik yang bersifat keilmuan maupun kebudayaan tersebut telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Di tengah-tengah kemajuan tersebut, iklim kompetisi (persaingan) baik yang bersifat pribadi hingga kolektif menjadi konsekuensi logis dari keinginan untuk maju dari pribadi-pribadi maupun dari kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. Persaingan yang terjadi ditunjukkan dengan banyaknya perusahaan yang muncul, berkembangan, dan aktif dalam lingkungan sehari-hari. Persaingan yang sehat merupakan hal positif bagi setiap perusahaan. Namun tidak selamanya persaingan sehat yang berjalan, sebab kadangkala muncul persaingan yang tidak sehat pula. Hal ini menjelaskan bahwa betapa ketatnya persaingan di dunia usaha.

Dalam persaingan yang semakin ketat tersebut membuat perusahaan menyadari pentingnya memiliki kondisi perusahaan yang kondusif yang dapat memberikan dorongan pada Sumber Daya manusia (SDM) yang bekerja di dalam perusahaan untuk berupaya sekuat tenaga mencapai misi dan tujuan perusahaan. Dan kondisi perusahaan yang kondusif tersebut tercipta dari budaya perusahaan yang dibangun dan diterapkan pada organisasi perusahaan

Hal-hal yang dilihat, didengar dan dirasakan ketika berada di dalam perusahaan, nilai-nilai yang mendukung dan memotivasi karyawan dalam menjalankan tugasnya, serta keyakinan yang diyakini di dalam perusahaan memberikan dampak pada pola kerja yang diterapkan dalam perusahaan. Budaya organisasi merupakan kerangka kerja yang menjadi pedoman tingkah laku sehari-hari dalam membuat keputusan untuk karyawan dan mengarahkan tindakan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Dimana tentunya budaya yang dibangun harus sejalan dengan tindakan yang akan diambil oleh perusahaan seperti merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan.

Konsep budaya perusahaan sendiri dalam beberapa dekade ini diyakini sebagai salah satu alat untuk mencapai efektivitas perusahaan. Budaya perusahaan merupakan suatu kekuatan yang mempengaruhi efektivitas organisasi, karena budaya perusahaan mempengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan manusia yang terlibat dalam perusahaan.

PT Shafira Laras Persada sebagai perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan penjualan busana-busana muslim tentu menyadari bahwa dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan dibutuhkan nilai-nilai dan keyakinan yang membantu karyawan dalam bertindak, berpikir, dan menyelesaikan masalah. Sistem nilai yang sudah terinternalisasi dan menjadi budaya perusahaan yang kuat –dalam arti dipahami, dimengerti, dan dijalankan dapat menumbuhkan rasa kepemilikan, membangkitkan semangat kerja, dan dapat mendatangkan sukses bagi perusahaan. Budaya yang dijalankan oleh semua anggota perusahaan secara konsisten dapat menciptakan hidup berorganisasi yang terbuka, karyawan bebas mengemukakan pikiran,perasaan dan berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. Suasana yang demikian tentu akan membuat karyawan bekerja lebih baik, yang tentunya akan membuat perusahaan menjadi efektif dalam upaya pencapaian tujuannya. Perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat seperti IBM, Procter & Gambler, Johnson & Johnson, Mc.Donalds adalah contoh dari perusahaan-perusahaan yang dikenal mempunyai budaya perusahaan yang kuat.

Dalam membangun budaya perusahaan tidak semudah yang dibayangkan. Keragaman latar belakang budaya yang dibawa oleh karyawan menjadi halangan bagi perusahaan dalam menerapkan budaya perusahaannya. Ketidakselarasan antara karyawan dan perusahaan dalam membangun budaya perusahaan akan dapat mengganggu stabilitas perusahaan. Ditambah seringnya terjadi perubahan dalam tubuh organisasi perusahaan.

Berdasarkan fenomena di atas, serta mengingat pentingnya membangun budaya perusahaan- yang merupakan salah satu komponen penting dalam pencapaian efektivitas organisasi perusahaan , maka diperlukan penelitian lebih jauh mengenai :

“Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Efektivitas Organisasi Pada PT Shafira Laras Persada Bandung”

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan pada latar belakang penelitian yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas bersumber pada dual hal pokok yaitu budaya organisasi dan efektivitas organisasi. Dari kedua hal pokok tersebut dapat diidentifikasikan permasalahan sebagai berikut :

1. Bagaimana budaya perusahaan yang dibangun pada PT Shafira Laras Persada Bandung

2. Bagaimana efektivitas organisasi pada PT Shafira Laras Persada Bandung

3. Sejauhmana Budaya perusahaan berpengaruh terhadap efektivitas organisasi PT Shafira Laras Persada Bandung

1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian

Maksud diadakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan guna diolah, dianalisis, dan diinterpretasikan, yang hasilnya akan digunakan sebagai salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang sarjana pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk lebih memahami konsep budaya perusahaan dan efektivitas organisasi. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk :

1. Memahami Budaya perusahaan yang dibangun pada PT Shafira Laras Persada Bandung

2. Memahami Efektivitas organisasi pada PT Shafira Laras Persada Bandung

3. Mengetahui pengaruh Budaya perusahaan terhadap efektivitas organisasi pada PT Shafira Laras Persada Bandung

1.4 Kegunaan Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah :

v Bagi penulis

a) Untuk menambah wawasan dan pemahaman ilmu pengetahuan dibidang Manajemen Sumber Daya Manusia, khususnya dalam masalah yang berkaitan dengan efektivitas organisasi.

b) Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai budaya perusahaan, terutama yang berhubungan dengan bidang yang sedang dipelajari yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia umumnya dan efektivitas organisasi khususnya.

v Bagi perusahaan

a) Dapat menjadi salah satu bahan evaluasi mengenai sejauh mana efektivitas penerapan Budaya perusahaan yang telah di terapkan (dilakukan) oleh perusahaan selama ini.

b) Dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan mengenai faktor-faktor yang turut mempengaruhi pencapaian efektivitas organisasi yang dimiliki perusahaan.

v Bagi pihak-pihak lain

a) Semoga hasil penelitian ini dapat berguna dan bermanfaat untuk dipelajari sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan.

b) Dapat dijadikan sebagai dasar penelitian yang sama pada objek dan lingkup penelitian yang berbeda sehingga dapat memajukan disiplin ilmu yang diteliti.

1.5 Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan di kantor PT Shafira Laras Persada yang berkedudukan di Jl. Sulanjana No. 28 Bandung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan April 2005.


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 
CARA SINGKAT BELAJAR BAHASA INGGRIS segera bergabung bersama kami..!!!!